One hope pray for cancer

 

forcancerImage from Here

Kemarin banyak teman-teman Blackberry Masengger yang memasang picture profile Lilin harapan untuk pasien kanker. Benarkah sudah benar-benar perduli ? memahami bukan mengasihani ?

Setahuku hari ini bukan hari kanker, tapi mengapa banyak orang mengirimkan broadcast tentang picture cahaya harapan itu. Entahlah,…

Sebagai seorang survivor kali ini saya tidak akan menuliskan bagaimana kanker menjadi ‘momok’ mengerikan bagi semua orang. Saya menyadari satu hal, bahwa sel kanker adalah sel yang ada pada tubuh kita sendiri. Atau dengan kata lain, sel itu adalah sel kita yang berubah menjadi sel yang nakal karena transformasi genetik.

Selain kenakalannya, ternyata sel kanker kadangkala membuat banyak orang menunjukan sifat-sifat terbaiknya saat menjalaninya. Kanker mampu mengubah  seseorang  hingga memiliki kekuatan untuk bertahan hidup dan melaluinya dengan baik. Pada banyak pasien, kanker mengajari bahwa hidup ini semestinya dijalani dengan penuh makna. Berusaha menjadi lebih kuat, karena perasaan lemah atau menunjukan kelemahan dihadapan kanker tidak akan membuat kita pulih. Kanker membuat seseorang lebih peka merespon rasa sakit pada tubuhnya, dan lebih peka dalam menjalani setiap saat hidupnya.

Kanker mengajarkan tentang perubahan dan betapa dunia ini fana, kanker membuat kita berjalan dengan penuh syukur atau jatuh tersungkur berharap belas kasih Sang Maha , menyadari betapa tak ada dayanya kita sebagai manusia.

Benar, tidak pernah ada yang sia-sia apapun yang diberikan Tuhan… pun dari sebuah kondisi medis serius bernama kanker. Jika kanker membuatku lebih rendah diri dan berjalan penuh syukur, maka aku bersyukur untuk setiap kondisi apapun saat menjalaninya.

Harapan selalu melimpah, pada ruang khemo, pada selasar rumah sakit, pada pagi atau petang. Harapan adalah bahan bakar dan energi jiwa kita,… peliharalah harapan benderang terang agar kegelapan tak datang mendekat.

Cahaya harapan yang terpasang di setiap kontak BB mungkin tidak akan meringankan rasa sakit bagi yang remisi, bertahan atau yang sedang berperang melawan kanker, tapi akan mengingatkan bahwa kita tidak pernah berjalan sendirian.

 

 

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

6 Comments

  1. Iya…pada iseng kali ya…dan masang karena g tau sepertinya…tapi apapun itu kita ttp survivor cantik *eh.semangat mb…karena yg tau kita sakit ya kita sendiri walau kita diluar penuh tawa..hikz

    Reply
    • Setuju,… we’re beautifull survivorrrrr….. :))
      makasih mba,…semangatmu jg luar biasa.
      Bagaimana kondisinya skg ? itu yg bandel di dlm tubuh sudah dikeluarkan? ( sel nakal)

      Apapun yg terjadi pokoknya keukeuh…. kita survivor cantik yak #ngikik

      Reply
      • aku g tuntas kemonya mak… keburu hamil…trus rencana lanjut kemo abis nyusui ternyata keburu hamil lagi…:v
        jadi kayaknya nunggu sampai semua bisa lepas susu..semoga akunya sehat selalu

  2. setiap orang dicipta tidak sama satu dng yang lain, diberi jalan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. “tidak pernah ada yang sia-sia apapun yang diberikan Tuhan”

    layaknya senja yang singkat yang meng”abadi”, dengan keajaibannya mengajarkan keindahan dan rasa syukur pada dunia.

    Reply
  3. I just knew that you ever get the cancer, and as a strong woman, never ever doubt about the power of human because God never does.
    Bless you mak Irma dan mak Echa, and keep the spirit

    Reply
  4. Waah, hampir sebuan bb di off, jadi nggak tau perkembangan broadcast. xixixi.. tapi ku nggak suka juga sih ikut2a yg gituan. Karna aku juga survivor meski bukan penderita cancer 😀 iya, survivor kehidupan. 😉 Semangat ya para survivor cantiik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: