Maaf,….

Pernah kah merasa sulit melupakan suatu peristiwa dalam hidup kita ? atau pernahkah sulit melupakan rasa sakit,amarah dan kesedihan dari sebuah kejadian ?
Seringkali kita tersiksa dan bahkan menyiksa diri kita dan orang lain untuk rasa sakit dan kesedihan yang kita rasakan dlm hidup ini.

Terbelenggu pada suatu peristiwa dan sukar lupa, itu tidak hanya akan menyakiti hati kita terus menerus tapi juga membuat kita terus berjalan ditempat.
Spion masa lalu yang seharusnya kita tengok sesekali saja, tapi terus kita tatap membuat kita tak kunjung berjalan maju.

Saya pernah merasakannya, terjebak pada satu episode dalam hidup saya.Sukar lupa, semua hal bisa membuat saya menoleh kebelakang.
Tidak hanya menoleh tapi juga menyesali semua hal yang terjadi,dan saya menjadi sangat sensitif pada hal-hal yang sedikit saja mengusik perasaan saya yang membawa saya pada ingatan peristiwa di masa lalu.

Saya lupa hidup ini tidak berjalan atas keinginan hati manusia kita, ada Sang Maha yang sesungguhnya Maha Mengetahui semua hal yang paling kita butuhkan dan yg paling tahu apa yg terbaik untuk kita.
Dan rahasia kelegaan hati saya adalah MAAF,… ya Maaf, memaafkan diri sendiri dan memaafkan orang lain yang berkaitan dengan kesedihan kita.
Saya tidak mungkin bisa memaafkan orang lain jika belum memaafkan diri saya sendiri. Dulu saya pikir biarkan saja, saya yakin waktu akan menyembuhkan luka dan ternyata saya salah. Waktu tidak akan mungkin menyembuhkan luka dan kesedihan, tapi menyembuhkan luka dan kesedihan memang membutuhkan waktu.

Memaafkan akan melembutkan hati,meminta maaf akan membawa kesadaran diri, dan memaafkan diri sendiri akan membawa kelegaan.

Previous Post
Next Post
Leave a comment

2 Comments

  1. wah keren sekali gan postinganya sangat berisi kata-kata di setiap kalimatnya, dan benar apa yang dikatakan mba dalam artikelnya agar kita jangan lepas dari kata maaf, maka dari itu maafin aku juga yah mba

    Reply

Leave a Reply

